Aplikasi

Contoh Penerapan AI Dalam 10 Aplikasi

Contoh Penerapan AI Dalam 10 Aplikasi – Berbagai sektor korporasi telah mulai menggunakan dan mengembangkan teknologi ini dan terus merevolusi setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. AI memberi komputer kemampuan untuk belajar dari data dalam jumlah besar dan melakukan tugas-tugas kompleks. AI juga membantu individu dan kelompok karena mempermudah menyelesaikan tugas tepat waktu. Penerapannya tidak hanya terbatas pada dunia bisnis, ada berbagai contoh aplikasi AI yang digunakan pada aplikasi desktop dan mobile.

Contoh Penerapan AI Dalam 10 Aplikasi

congresouniversitariomovil – Sistem operasi iOS, Android, dan Windows yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kekuatan kecerdasan buatan. Pertumbuhan ponsel pintar juga menjadi pendorong utama pengembangan AI yang optimal. Teknologi ini diharapkan menjadi sama pentingnya dengan Internet dan listrik di masa depan. Pasar kecerdasan buatan global diperkirakan tumbuh dari $40,17 miliar pada tahun 2020 menjadi $51,56 miliar pada tahun 2021, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan sebesar 28,4% (Business Wire).

Perusahaan dari semua ukuran dan spesialisasi menghadapi persaingan yang ketat ketika memasuki pasar aplikasi desktop dan seluler. Dampak dan manfaat AI dimanfaatkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna bagi pelanggan sekaligus menghasilkan berbagai manfaat. Beberapa aplikasi juga digunakan sehari-hari oleh penduduk dunia. Lihat daftar lengkap aplikasi AI di aplikasi desktop dan seluler pada uraian di bawah.

Contoh aplikasi AI di aplikasi desktop dan seluler
Siri
Siri adalah asisten virtual Apple dan salah satu aplikasi terpopuler di seluruh dunia. Asisten virtual bertenaga AI ini tersedia di berbagai sistem operasi perangkat Apple, mulai dari iOS, iPadOS, macOS, watchOS hingga tvOS. Siri berjalan di perangkat Anda, menggunakan kueri suara dan antarmuka bahasa alami untuk menjalankan berbagai fungsi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, menjawab pertanyaan, memberikan pilihan yang direkomendasikan, dan menerima permintaan untuk berbagai layanan Internet. Selain itu, Siri dapat beradaptasi dengan bahasa, topik pencarian, dan preferensi pengguna.

 

Baca Juga : Spesifikasi Ponsel Cerdas Yang Diperlukan Untuk Aktivitas Pemasaran Web 

 

cortana
Selain Apple, Microsoft juga sedang mengembangkan asisten virtual bernama Cortana. Aplikasi AI ini tersedia untuk Windows, Windows Mobile, Microsoft Band, iOS, Android, Windows Mixed Reality, Amazon Alexa, dan Xbox One. Bahkan, Cortana juga digunakan oleh beberapa merk headset ternama. Di PC, Cortana memiliki sistem bawaan yang dapat membantu Anda melakukan aktivitas sederhana sepanjang hari. Cortana dapat menjawab pertanyaan, mengelola kreasi dan sistem pengingat Anda, membuat catatan, dan membantu Anda mengelola kalender Anda. Cortana menggunakan pemrosesan bahasa alami, mesin pencari Bing, dan data perangkat gabungan untuk memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Asisten Google
Google juga telah membuat kemajuan besar dalam penggunaan AI, terutama dengan peluncuran Google Assistant pada tahun 2016. Banyak orang yang mengaku menganggap asisten virtual ini lebih canggih. Google telah bermitra dengan beberapa perusahaan untuk membuat Asisten Google tersedia di berbagai perangkat, termasuk ponsel cerdas, lemari es, headphone, dan mobil. Asisten Google mendukung masukan suara menggunakan pemrosesan bahasa alami. Layanan yang tersedia meliputi penerimaan perintah suara, pencarian suara, kontrol perangkat yang diaktifkan dengan suara, pengambilan informasi online, dan terjemahan waktu nyata.

 

Baca Juga :7 Manfaat SEO Dalam Industri Pariwisata 

 

alexa
Asisten virtual ini adalah contoh produk Amazon yang didukung AI. Alexa pertama kali digunakan pada smart speaker yaitu Amazon Echo dan Amazon Echo Dot. Namun Alexa saat ini sudah bisa ditemukan di berbagai platform Android dan iOS. Cara kerja Alexa menggunakan kueri suara dan pemrosesan bahasa alami untuk menyediakan berbagai jenis layanan. Pada April 2019, 100 juta perangkat yang menggunakan sistem Alexa terjual. Alexa membantu Anda membuat daftar tugas, mengatur alarm, streaming podcast, memutar buku audio, dan menyediakan berita, wawasan, dan pembaruan cuaca secara real-time.

kawah
Aplikasi kencan online ini nampaknya menggunakan sistem AI untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya. Pada tahun 2020, Tinder memperluas kemungkinan AI dengan memperkenalkan berbagai fitur baru selain algoritma pencocokan dan super like gesekan. Sebelumnya, Tinder akan menganalisis data pengguna dan menggunakan faktor perilaku untuk mencoba menemukan calon pasangan yang cocok. Meski demikian, Tinder saat ini fokus meningkatkan keamanan bagi penggunanya, khususnya perempuan. Perusahaan sedang bersiap untuk memperkenalkan moderasi berita menggunakan kemampuan AI. Tugas AI adalah mendeteksi pesan yang berpotensi menyinggung dan menanyakan bagaimana reaksi pengguna terhadap pesan tersebut. Spotify
Tentu saja, jika Anda pengguna Spotify, Anda tahu bahwa kami menawarkan rekomendasi playlist pilihan melalui fitur Discover Weekly. Model daftar putar yang berbeda ini dihasilkan oleh algoritme kompleks yang memanfaatkan AI, data besar, dan pembelajaran mesin. Fungsi utama AI yang digunakan Spotify adalah untuk merekomendasikan musik baru, yang disebut pemfilteran kolaboratif. Sistem ini dianggap cerdas karena dapat menyarankan konten yang relevan kepada pengguna berdasarkan riwayat penggunaan sebelumnya. Sebelum memberikan hasil filter, Spotify membuat profil preferensi pribadi di back end berdasarkan preferensi musik pengguna dan menggabungkannya dalam bentuk rekomendasi playlist. peta Google
Google Maps telah berhasil memecahkan tantangan dalam membedakan bangunan sekaligus meningkatkan sistem perilaku AI agar lebih mudah digunakan. Tim data Maps dan Google bekerja sama untuk membuat dan menggunakan algoritme guna meningkatkan pemahaman mesin. Selain itu, kecerdasan buatan Google Maps dapat memprediksi tingkat lalu lintas dan rute terbaik yang akan diambil pengguna sepanjang hari.

adobe photoshop
Photoshop adalah salah satu dari banyak aplikasi fungsional yang didukung oleh AI. Ada lima fitur baru berbasis AI yang tersedia. Yakni Neural Filter, Blank Replacement, Discover Panel, dan dua Refine Edge Selection terbarunya. Filter saraf adalah kemajuan besar yang memungkinkan penafsiran ulang filter dan manipulasi gambar. Ciptakan langit yang indah dan dinamis hanya dalam beberapa klik dengan fitur pengganti langit yang baru. Sementara itu, panel Discover dapat memberikan rekomendasi pengeditan cepat tergantung kebutuhan gambar Anda. Refine Edge dan Refine Hair memperluas pilihan Anda untuk subjek yang lebih kompleks seperti latar belakang dan penataan rambut.

Elsa berbicara
ELSA Speak adalah aplikasi populer yang memungkinkan Anda belajar bahasa Inggris menggunakan teknologi AI. Dialog singkat memungkinkan pengguna mempelajari cara berbicara dan mengucapkan kata-kata bahasa Inggris. AI memberikan umpan balik instan dan meningkatkan keterampilan Anda lebih cepat. Aplikasi ini menggunakan teknologi pengenalan suara dan telah diunduh lebih dari 4 juta kali di seluruh dunia. ELSA Speak hanya tersedia di perangkat Android dan iOS.

Austin Phillips

Recent Posts

Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri

Cara Membuat Aplikasi Android Sendiri -  Saat ini, dunia pemrograman perangkat lunak Android menawarkan berbagai…

8 hours ago

Aplikasi Mirip Twitter Yang Dibuat Oleh Elon Musk

Aplikasi Mirip Twitter Yang Dibuat Oleh Elon Musk -  Mark Zuckerberg akhirnya merilis media sosial…

5 days ago

Daftar Fitur Terbaru di IOS 18

Daftar Fitur Terbaru di IOS 18 -  Salah satu fitur baru terbesar di iOS 18…

6 days ago

Aplikasi Tanda Tangan Elektronik Untuk Bisnis

Aplikasi Tanda Tangan Elektronik Untuk Bisnis -  Seiring kemajuan teknologi, muncullah inovasi: aplikasi tanda tangan…

1 week ago

Aplikasi Android Unik Yang Wajib Anda Coba

Aplikasi Android Unik Yang Wajib Anda Coba -  Android memiliki gudang aplikasi yang berbeda-beda. Mulai…

1 week ago

Cara Mudah Menghilangkan Air Di Hp IPhone

Cara Mudah Menghilangkan Air Di Hp IPhone -  Air apa pun yang masuk ke dalam…

2 weeks ago